Mulai Belajar Pemrograman HTML

9/26/2015
Salah satu bahasa  pemrograman yang paling terkenal adalah bahasa HTML. bahasa pemrograman berbasis WEB ini memang paling berpengaruh terhadab bahasa WEB lain. Kelebihan dari HTML ini adalah dapat dipadukan dengan bahasa perograman yang lain.

Mulai Belajar Pemrograman HTML
Mulai Belajar Pemrograman HTML

Apa Itu HTML ?

HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language yang berguna untuk mendeskripsikan markup berbasis web. HTML bisa mendeskripsikan markup apabila menggunakan Tag yang telah ditentukan seperti <head>, <body> dan lain lain.

Perlu diketahui, dalam program HTML, semua kode harus memiliki tag pembuka dan tag peutup. Tag yang ada pada bahasa ini ada banyak sekali salah satu contohnya adalah tag body dengan menggunakan tag pembuka <body>. Untuk penutup tag, biasanya hanya perlu ditambahkan dengan simbol "/" setelah simbol "<".

Contoh:
<html>
<head>
<title>Belajar Pertama</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar HTML YUK</h1>
</body>
</html>

Diri contoh kode diatas, yangn berwarna biru adalah pembuka tag dan yang berwarna merah adalah penutup tag.

Dalam HTML ada beberapa jenis kategori tag, yaitu:

Tag Mtml

Sudah jelas karena program yang kita buat menggukana bahasa HTML, maka dalam pengkodeannya harus diawali dengan kode tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>. Mengapa harus demikian, kerena itu menunjukkan  identitas dari bahasa program yang kita gunakan.
Contoh:
<html>
......
......
......
......
</html>

Tag Header

Tag header dalam HTML adalah ditandai dengan awalan <head> dan diwkhiri dengan </head> Fungsi dari tag ini adalah untuk menempatkan CSS (style) dari dokumen yang akan kita buat. CSS sendiri memiliki fungsi untuk mengatur gaya dari dokumen dengan pemanggilan "id" ataupun "class".
Contoh:
<head>
<title>Belajar Pertama</title>
</head>

Tag Body

Tag body dalam HTML ditandai dengan <body> dan diakhiri denga tag </body>. Fungsinya untuk menempatkan seluruh dokumen yang akan kita buat nantinya. Jika tidak dalam tag <body>, maka dipastikan dokumen kita tidak akan muncul dalam layar.
Contoh:

<body>
<h1>Belajar HTML YUK</h1>
</body>

Untuk kode sederhana dari mulai pembuka program samai penutup sobat bisa copy kode dibawah ini kemudian pastekan di notepad dan simpan dengan ekstensi HTML (.html). Kemudian nanti sobat buka dengan browser sobat. Dan taraaa..... Selamat Sobat si=udah enjadi developer web......

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Belajar Pertama</title>
</head>
<body>
  <h1>Heading Pertamaku</h1>
  <p>Paragraf Pertamaku.</p>
</body>
</html>

Untuk yang berwarna merah bisa sobat ganti dengan sesuka sobat. Bagaimana sobat, mudah bukan Mulai Belajar Pemrograman HTML. Terus belajar yangh sobat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »