Pengertian Algoritma Teknik Informatika

10/02/2015
Pengertian Algoritma Teknik Informatika;- Algoritma adalah mata kuliah yang wajib dialami oleh setiap mahasiswa yang kuliah pada jurusan "Teknik Informatika". Hal ini disebabkan karena nantinya, dalam teknik informatika akan selalu ditemukan runtutan Algoritma yang lumayan rumit. Jika tidak dipelajari dari awal, maka akan menimbulkan kebingungan yang sangat beresiko. Ahe hehe (kayak Dosen Yang Ngomongnya)

Pengertian Algoritma Teknik Informatika
Pengertian Algoritma Teknik Informatika

Pengertian Algoritma

Algoritma sebenarnya adalah hal hal yang selalu mengiringi kehidupan kita. Algoritma pada dasarnya adalah runtutan dari beberapa masalah dan cara penyelesaiannya. Siapa yang dalam hidupnya tidak pernah mendpatkan persoalan atau masalah, pasti semuanya akan mendapatkan masalaha, krena sejatinya kehidupan adalah memecahkan masalah.

Contoh Algoritma dalam Kuliah

Dalam memecahkan masalah yang sama, setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda beda. Contohnya, sibudi mendapatkan tugas kuliyah untuk membuat makalah tentang algoritma, kemudian si Budi menggunakan cara online untuk mencari refransi. Berbeda dengan si Aris, ketika mendapat tugas yang sama dengan si Budi, si Aris memilih untuk mencari refrensi dari buku. Seperti itulah contoh algoritma.

Jika dilihat dari contoh diatas, antara si Budi dan si Aris menggunakan algoritma yang berbeda yakni menggunakan penyelesaian yang berbeda. Apakah sobat bisa memahami sampai sini ?

Contoh algoritma dalam Kehidupan

Contoh lain untuk Algoritma adalah ketika ada dua orang memesukkan Benag kedalam lubang jarum. Yang satu, berusaha memasukkan benang tersebut secara langsung. Sedangkan yang satunya adalah menggunakan alat khusus untuk memasukkan benang pada jarum. Itulah yang dinamakan algoritma. Meskipun keduanya memeiliki tujuan yang sama, tetapi memiliki kesulitan dan proses yang berbeda karena perbedaan algoritma yang digunakan.

Mungkin sobat sudah mulai paham bukan, apa yang dinamakan dengan algoritma ditinjau dari contoh-contoh diatas.

Penerapan Algoritma Pada Pemrograman

Setiap pemrograman, pasti memiliki algoritma yang berbeda, Mulai dari PHP, HTML, ataupun yang lainnya, selalu memiliki algoritma. Karena tanpa algoritma, pasti tidak akan menemukan penyelesaian program tersebut.

Penyebab Kesulitan Memahami Algorotma

Algoritma sebenarnya adalah hal yang palin simpel. Algoritma hampir sama dengan logika matematika, jika ada sebab maka ada akibat bagitu pula seterusnya. untuk Memahami Algoritma secara teoris, memanglah sangat sulit, jadi EXELOVER menyarankan jangan terpaut dengan teori algoritma. Gunakanlah Logika Sobat untuk memahami Alur Program.

"Memahami algoritma secara teoris memanglah membuat kepala kita puyeng. Maka dari itu, dalam pemrograman jangan terlalu terpaku dengan Algoritma tepi lebih gunakan Logika kepada Alur Pemrograman Kita karena itulah yang sebenarnya dinamakan Algoritma"

Baiklah Sobat, Karena membahas Algoritma yang lumayan ruwet ini, EXELOVER jadi ikutan puyeng nih Ahe he he. Tapi tenang sobat, ingatlah blocquote diatas jika ingin memahami apa itu algoritma. Jangan Pikirkan lagi Algoritma, pikirkanlah alur dari Pemrograman Bahasa Sobat.

Sekian artikel ini, semoga artikel tentang Pengertian Algoritma Teknik Informatika ini dapat membantu sobat. Jika artikel ini dirasa bernmanfaat diperbolehkan dengan sangat untuk mengambil isi artikel ini. Jika sobat berkehendak mencantumkan link sumber, maka EXELOVER akan sangat senag. Semoga sukses selalu.

Sumber:
http://algs4.cs.princeton.edu/
https://en.wikipedia.org/wiki/Algorithm
https://www.khanacademy.org/computing/computer-science/algorithms
http://exelover.blogspot.com/2015/10/pengertian-algoritma-teknik-informatika.html

Artikel Terkait

Previous
Next Post »